Wednesday, February 6, 2019

STARBUCK’S AND McDONALD’S


1.      Starbuck
Standar bisnis conduct Starbuck


2.      McDonald
dari standar bisnis conduct McDonald





3.      YANG SUKA DAN TIDAK
SUKA

STARBUCK
McDONALD
1
Servis
Kalau poin yang ini pasti semua yang pernah datang ke Starbucks juga tahu. Servis para baristanya memang layak diacungi jempol. Starbucks tak hanya peduli soal kenyamanan coffee shop-nya, kenikmatan rasa kopinya, tetapi juga servis baristanya yang untuk saya selalu mengesankan. Para pekerja di sini dilatih sedemikian rupa sehingga mampu membuat pelanggannya merasa akrab dan dekat dengan mereka. Hal ini penting sekali karena jika pelanggan sudah merasa dekat dengan orang-orang yang bekerja di kedai kopi, bagaimana pun mereka akan kerap datang kembali. Dan enggan pergi ke kedai kopi lain. Kedai kopi yang sukses adalah kedai kopi yang mampu mencuri hati para penikmatnya.
“I’m Lovin’ it”
Iklan yang di sajikan oleh McDonald’s sangat menarik perhatian di kalangan anak-anak, dan mcDonald’s memperkenalkan tokoh badut Ronald McDonald’s yang menjadi menarik bagi pelanggan anak-anak dan logo McDonald’s yang sederhana dan berwarna kuning yang sangat mudah di ingat oleh masyarakat.

2
Strategi Marketing yang Mumpuni
Tak akan ada perusahaan yang benar-benar sukses maksimal jika strategi marketingnya kurang dan dangkal. Starbucks memiliki tim marketing yang memikirkan apa saja trik agar produk mereka tetap laris dan dibicarakan. Meski telah sukses luar biasa dan tersebar di seluruh dunia, Starbucks tidak berpuas diri. Dari hari ke hari taktik marketing mereka semakin dahsyat. Mulai dari mengangkat isu lingkungan, membuat sensasi dengan menu kopi ajaib seperti Unicorn dan teman-temannya, hingga sengaja menulis nama yang salah pada paper cup para pelanggannya. Intinya untuk meraup sukses sisi marketing harus diperkuat. Karena itulah salah satu faktor agar kamu selalu ada, dicari dan tentunya diingat.

Pelanggan
kami menempatkan pengalaman pelanggan sebagai inti dari semua yang kami lakukan. Pelanggan kami adalah alasan keberadaan kami. Kami mendemonstrasikan penghargaan kami dengan menyediakan makanan yang berkualitas dan layanan superior, dalam lingkungan yang bersih dan ramah, dengan nilai yang besar. Tujuan kami adalah QSC & V untuk setiap pelanggan dan setiap saat.
3
Standar Perilaku Bisnis
Sebagai perusahaan global, kita tunduk pada standar etika tertinggi perilaku dan perilaku
• Standar membantu kita membuat keputusan dalam pekerjaan kita sehari-hari
• Standar menunjukkan bahwa kita mengambil tanggung jawab hukum dan etika kita serius
Kualitas dan Keselamatan Produksi
Restoran bersih. Great mencicipi dan makanan yang aman. Happy Meal yang ramah anak mainan. Ini telah lama menjadi keunggulan McDonald's, dan mendasar bagi janji merek kami.
TIDAK SUKA

STARBUCK
McDONALD
1
Hak milik intelektual
Sebagai mitra, hal-hal yang Anda buat untuk Starbucks adalah milik perusahaan. Ini
termasuk penemuan, penemuan, ide, perbaikan, program perangkat lunak, karya seni dan karya kepenulisan. Produk kerja ini adalah properti Starbucks jika dibuat atau dikembangkan, secara keseluruhan atau sebagian, pada waktu perusahaan, sebagai bagian dari tugas Anda atau melalui penggunaan sumber daya atau informasi perusahaan. Mitra harus segera mengungkapkan kepada Starbucks, secara tertulis, produk kerja semacam itu
Team
kami berkomitmen untuk orang-orang kami Kami menyediakan kesempatan, membina bakat, mengembangkan pemimpin dan memberi penghargaan prestasi. Kami percaya bahwa tim yang terdiri dari individu terlatih dengan latar belakang dan pengalaman beragam, bekerja bersama dalam lingkungan yang menumbuhkan rasa hormat dan mendorong keterlibatan tingkat tinggi, sangat penting bagi kesuksesan kami yang berkelanjutan.

2
Lingkungan
setiap toko adalah bagian dari komunitas, dan kami mengambil tanggung jawab kami untuk menjadi tetangga yang baik secara serius. Kami ingin diundang ke mana pun kami berbisnis. Kami dapat menjadi kekuatan untuk aksi positif yang menyatukan mitra, pelanggan, dan komunitas kami untuk berkontribusi setiap hari. Sekarang kita melihat bahwa tanggung jawab kita dan potensi kita untuk kebaikan bahkan
lebih    besar.   Dunia  sedang mencari            Starbucks        untuk menetapkan standar baru, sekali lagi. Kami akan memimpin
Etis
kami menjalankan bisnis kami secara etis Etika suara adalah bisnis yang      bagus.  Di McDonald,      kami mempertahankan diri dan menjalankan bisnis kami dengan standar kejujuran, kejujuran, dan integritas yang tinggi. Kami masing-masing bertanggung jawab dan bertanggung jawab secara kolektif.
3
Pemegang Saham
kami tahu bahwa ketika kami memberikan di masing-masing bidang ini, kami menikmati jenis kesuksesan yang memberikan penghargaan kepada para pemegang saham. Kami sepenuhnya bertanggung jawab untuk mendapatkan setiap elemen ini dengan benar sehingga Starbucks dan semua orang yang disentuhnya dapat bertahan dan berkembang.
Profit
kami mengembangkan bisnis kami secara menguntungkan McDonald's adalah perusahaan yang diperdagangkan secara publik. Dengan demikian, kami bekerja untuk memberikan pertumbuhan laba yang berkelanjutan bagi para pemegang saham kami. Ini membutuhkan fokus yang
berkelanjutan pada pelanggan kami dan kesehatan sistem kami.

4.      Bisnis Ethic
a.    Etika Bisnis
Etika yang baik berarti bisnis yang baik. Etika bisnis yang buruk dapat Menggelincirkan mencana strategis terbaik sekalipun Etika bisnisn dapat didefinisikan sebagai prinsip- prinsip etik dalam suatu organisasi yang membimbing pengambilan keputusan dan tingkah laku. Peningkatan kesadaraan mengenai pentingnya etika bisnis telah disadari oleh seluruh perusahaan di seluruh dunia strategi pemilik bisnis adalah orang-orang yang paling bertanggung jawab untuk memastikan bahwa prinsip-prinsip etika bisnis yang tinggi telah dilaksanakan di suatu organisasi. Seluruh formulasi strategi, implementasi dan evaluasi keputusan meimiliki dampak secara etika.

b.   Tujuan Etika Bisnis
·         Sedangkan tujuan etika bisnis salah satunya ialah memberikan kesadaran akan moral dan memberikan batasa kepada para pelaku bisnis supaya dalam menjalankan bisnisnya dengan bersikap baik, sehingga tidak berperilaku yang dapat merugikan banyak pihak yang ada hubungannya dengan bisnis tersebut.
·         Jadi etika bisnis dapat mengatur dan mengarahkan para pelaku bisnis untuk mewujudkan manajemen maupun citra yang baik dalam berbisnis, sehingga bisnis tersebut dapat diikuti oleh semua orang yang mempercayai adanya bahwa bisnis itu memiliki etika yang baik.
·         Dan dengan etika bisnis juga maka kegiatan bisnis dapat jauh dari citra buruk seperti citra yang kotor, licik dan penuh dengan penipuan. Ciri-ciri bisnis yang memiliki etika baik diantaranya seperti tidak merugikan pembisnis atau usaha orang lain, tidak melanggar aturan atau hukum yang berlaku, tidak membuat suasana yang tidak kondusif pada saingan bisnisnya dan memiliki izin usaha yang sah serta jelas.

c.    Kode Etika Bisnis
Sebuah gelombang baru mengenai isu-isu etis yang berkaitan dengan keamanan produk, kesehatan pegawai, pelecehan seksual, AIDS di lingkungan kerja, merokok, hujan asam, tindakan persetujuan, pembuangan limbah, praktek bisinis luar-negeri, menutup-nutupi, taktik pengambil alihan, konflik kepentingan,  privasi pegawai, hadiah yang tidak  pantas, dan keamanan catatan perusahaan telah ditekankan kebutuhan untuk mengembangkan suatu kode etika bisnis yang jelas. demikian, memiliki kode etik belum cukup untuk menjamin perilaku bisnis yang sesuai etika. Suatu kode etik bisa dilihat sebagai penipuan dalam rangka hubungan masyarakat, kumpulan peraturan hampa, atau hiasan belaka. Untuk memastikan bahwa kode tersebut dibaca, dimengerti, dipercaya dan diingat dibutuhkan workshop etika secara berkala untuk membuat para pegawai peka terhadap isu-isu etika apa saja yang mungkin muncul. Jika para pegawai melihat contoh hukuman bagi yang melanggar kode dan penghargaan bagi yang memegang teguh kode akan memperkuat betap apentingnya kode etika dari suatu perusahaan.

d.   Budaya Etika
Suatu budaya etika perlu untuk dimiliki oleh suatu organisasi. Untuk membantu menciptakan suatu budaya etika Salah satu alasan gaji seorang strategis bisnis tinggi adalah mereka memiliki resiko moral dari perusahaan tempat diabekerja. Strategis bisnis bertanggung jawab untuk mengembangkan, mengkomunikasikan dan melaksanakan kode etik bisnis bagi organisasi mereka Tidak ada masyarakat dimanapun di dunia dapat bersaing cukup lama dan sukses dengan orang-orangnya mencuri satusama lain atau tidak mempercayai satu sama lain, dengan setiap informasi dibutuhkan konfirmasi notaris, dalam setiapketidaksetujuan berakhir dengan proses peradilan, atau pemerintah harus meregulasi bisnis untuk memastikan mereka tetap jujur. Menjadi tidak beretika merupakan resep untuk sakit kepala, ketidakefisienan, dan sia-sia. Sejarah telah membuktikan bahwa semakin baik kepercayaan dan kepercayaan diri orang-orang mengenai etika dari suatu institusi atau masyarakat, semakin besar kekuatan ekomonimya

Contoh Budaya Etika
·         Ada suatu perusahaan yang bergerak di bidang makanan dia berinovasi menambahkan bumbu-bumbu tertentu untuk makannya, perusahaan ini tidak melanggar aturan karena dia tidak menjiplak resep perusahaan lain karena dia berinovasi dengan resep yang sudah ada yang dia miliki. Lalu perusahaan ini mendapatkan hak paten dan mengajukan izin produksi makanan pada dinas kesehatan, setelah melalui tahapan-tahapan perizinan seperti izin usaha, ijin produksi dan lain-lain maka perusahaan ini telah secara sah atau legal menjalankan usahanya.

Dalam etika personal ada lima pendekatan utama yang dapat membantu seseorang untuk membuat keputusan yang benar baik secara hukum maupun etika:
a.       Utilitarian atau manfaat yang berasumsi bahwa tindakan yang diambil harus memberikan apa yang terbaik bagi lingkungan dan diri sendiri.
b.      the rights approach yang menekankan bahwa tindakan etis adalah ketika seseorang bisa menjaga sikap dan respek terhadap hak-hak orang lain.
c.       Pendekatan the fairness or justice approach yang mentyatakan bahwa tindakan etis akan membuat manusia pada posisi yang sama atau tidak sama sesuai dengan kapabilitas masing-masing. Contoh perusahaan memberikan gaji pada tiap karyawan yang jumlahnya tidaklah sama disesuaikan dengan jabatan, jenis pekerjaan, ataupun kontribusi mereka terhadap perusahaan.
d.      pendekatan the common good approach yang merujuk pada hubungan yang terjadi dalam masyarakat yang berbasiskan pada etika rasional dan rasa respect atau saling menghormati dan rasa belas kasih terhadap satu sama lain. the virtue approach yang menyatakan bahwa tindakan etis setidaknya harus bersifat konsisten dengan kebaikan ideal yang dapat mengembangkan rasa kemanusiaan dalam kehidupan bermasyarakat.




Kesimpulan
Etika berfungsi mengatur tingkah laku individu dan kelompok untuk memberikan panduan bagi manusia agar berperilaku sesuai dengan nilai-nilai moralitas, dan sebagai refleksi pemikiran moral tentang apa yang harus dilakukan atau tidak boleh dilakukan yang dapat dijalankan pada taraf populer maupun ilmiah. Bisnis merupakan aktifitas yang dilakukan manusia untuk mendapatkan keuntungan melalui kegiatan produktif yang dijalankan melalui organisasi formal atau informal, yang termasuk kegiatan sosial dengan berbagai aspek yang melingkupinya seperti aspek ekonomi, hukum dan moral.  Etika bisnis merupakan suatu standar moral yang diimplementasikan pada institusi, teknologi, transaksi, aktivitas, dan usaha-usaha yang ada pada organisasi bisnis. Perilaku etis merupakan pedoman dari kebijakan-kebijakan tertulis, standar-standar tidak tertulis, dan teladan dari pemimpin yang didasarkan pada hukum, etika dan pilihan bebas.


1 comment:

  1. casino.fandom | The Official Website of the MMC - DRMCD
    › news › news Casino.fandom 경상남도 출장샵 is a subreddit for gaming news, 속초 출장안마 gambling news, articles, 공주 출장안마 guides, 오산 출장안마 videos, articles and 통영 출장마사지 more.

    ReplyDelete