A. Analisa PEST (Politic, Economic, Social, dan Teknologi)
Tujuan audit eksternal adalah untuk mengembangkan sebuah daftar terbatas dari peluang yang dapat menguntungkan sebuah perusahaan dan ancaman yang harus dihindarinya. Sebagaimana diisyaratkan dengan istilah terbatas, audit eksternal tidak bertujuan mengembangkan sebuah daftar lengkap dan menyeluruh dari setiap faktor yang dapat mempengaruhi bisnis, melainkan bertujuan mengidentifikasi variabel – variabel penting yang menawarkan respons berupa tindakan. Perusahaan harus mampu merespons secara ofensif maupun defensif terhadap berbagai faktor tersebut dengan merumuskan strategi yang bisa mengambil keuntungan dari peluang eksternal atau meminimalkan dampak dari ancaman potensial. Analisis lingkungan eksternal perlu dilakukan untuk mengidentifikasi peluang-peluang dan ancaman ancaman besar yang dihadapi suatu organisasi terhadap perubahan lingkungan eksternal perusahaan sehingga manajer dapat merumuskan strategi guna mengambil keuntungan dari berbagai peluang tersebut dan menghindar atau meminimalkan dampak dari ancaman potensial yang muncul. mengatakan faktor-faktor kekuatan eksternal utama (external force) dalam melakukan analisis lingkungan eksternal dapat dibagi menjadi lima kategori luas yaitu :
1. Kekuatan Ekonomi
memiliki dampak langsung terhadap daya tarik potensial dari beragam strategi. Sebagai contoh ketika tingkat suku bunga naik, dana yang diperlukan untuk ekspansi modal menjadi lebih mahal atau tidak tersedia.
2. Kekuatan Sosial
Budaya, Demografi, dan Lingkungan, memiliki dampak yang besar atas hampir semua produk, jasa, pasar, dan konsumen. Tren-tren social, budaya, demografis, dan lingkungan membentuk cara orang hidup, bekerja, memproduksi dan mengonsumsi. Tren-tren baru menciptakan jenis konsumen yang berbeda dan konsekuensinya, menciptakan kebutuhan akan produk, jasa, dan strategi yang berbeda.
3. Kekuatan Politik
Pemerintahan, dan Hukum, dapat merepresentasikan peluang atau ancaman utama bagi perusahaan. Karena pemerintah baik pusat maupun daerah merupakan pembuat regulasi, deregualsi, penyubsidi, pemberi kerja, dan konsumen utama organisasi. Kemudian kesaling tergantungan global yang semakin meningkat dikalangan ekonomi, pasar, pemerintah, dan organisasi memaksa perusahaan mempertimbangkan dampak potensial dari variable-variabel politik dalam perumusan dan penerapan strategi kompetitif mereka.
4. Kekuatan Teknologi
mempresentasikan peluang dan ancaman yang harus dipertimbangkan dalam perumusan strategi. Kemajuan teknologi bisa secara dramatis mempengaruhi produk, jasa, pasar, pemasok, distributor, pesaing, konsumen, proses produksi, praktik pemasaran, dan posisi kompetitif organisasi.
5. Kekuatan Kompetitif
salah satu bagian penting dari audit eksternal adalah mengidentifikasi perusahaan pesaing dan menentukan kekuatan, kelemahan, kapabilitas, peluang, ancaman, tujuan, dan strategi mereka. Mengumpulkan data dan mengevaluasi informasi tentang pesaing penting bagi perumusan strategi yang berhasil.
Ke lima kategori ini memiliki elemen penting yang harus dipertimbangkan oleh pembuat keputusan strategi dalam menganalisa lingkungan eksternal perusahaan. Untuk menganalisis lingkungan eksternal perusahaan pertama harus dapat mengetahui atau menentukan dalam industri apa perusahaan tersebut berada. Dengan demikian dapat ditentukan bagaimana kemampuan perusahaan untuk mengimplementasikan strateginya dengan sukses.
B. Analisis PEST (Politic, Economic, Social, dan Teknologi) pada perusahaan CV. Moza
1. Ekonomi
Ekonomi masyarat di daerah sekitar CV. Moza tergolong orang yang mampu atau berada, untuk meningkatkan daya beli masyarakat cv moza harus berfikir keras untuk menarik minat konsumen agar membeli produk kita. Faktor yang mempengaruhi ekonomi masyarakat contohnya seperti harga dollar naik, pajak naik, dan suku bunga tinggi, harga barang dan pangan naik, ini menurunkan daya beli konsumen. CV Moza harus cermat untuk mengantisipasi perekonomian yang sedang merosot ini.CV moza harus meningkatkan jumlah dan nilai pembelian belajana konsumen, dengan harga jual barang yang dinamis.
2. Sosial
Perubahan lingkungan, budaya dan sosial di masyarakat memberikan dampak bagi perusahaan bagaimana minat masyarakat terhadap produk-produk yang kita tawarkan. Kita harus memberikan informasi yang jelas kepada massyarakat tentang produk-produk kita agar konsumen dapat menerima produk kita dengan baik.
3. Politik
Peraturan pemerintah memberikan dampak bagi perusahaan.contohnya seperti undang-undang, peraturan daerah, dan pajak, perushaan harus menaati peraturan dari pemerintah agar meminalkan resiko kerugian bagi perusahaan.
4. Teknologi
Dengan zaman yang semakin canggih agar bisa manjangkau konsumen luas, CV Moza membuat website E-Commerce untuk memperluas pasar dan promosi produk secara digital agar dikenal oleh masyarakat luas. Website E-Commerce ini bertujuan untuk mempermudah konsumen mengenali produk-produk kita dengan memberikan informasi yang cukup jelas agar kedepanya nanti konsumen tidak ragu untuk membeli produk-produk kita, yang akan memberikan dampak bagi perusahaan dengan meningkatkan jumlah pembeli.
No comments:
Post a Comment