A. Input Matriks
External Factor Evaluation (EFE)
Matriks
EFE di gunakan untuk mengetahui
peluang dan ancaman yang muncul dari lingkungan external. Penyusunan matriks
ini didasari oleh penentuan faktor penentu tingkat keberhasilan strategi yang
di miliki oleh moza laundry.
Matriks
External Factor Evaluation (EFE)
Moza Laundry
Faktor
Kunci External
|
Bobot
|
Peringkat
|
Nilai
Terimbang
|
Program
kerja
|
PELUANG
|
||||
Semakin
meningkatnya jumlah karyawan dan mahassiwa
|
0,05
|
1
|
0,05
|
Membuka
cabang di wilayah yang potensial
|
Perkembangan
teknologi
|
0,10
|
2
|
0,20
|
Pengadaan
peralatan operasional baik secara tunai/kredit
|
Perubahan
Gaya hidup masyarakat
|
0,05
|
2
|
0,10
|
Memperluas
daerah promosi
|
Memiliki
pelanggan yang loyal
|
0,15
|
4
|
0,60
|
Menjaga
hubungan baik dengan pelanggan dan
meningkatkan kualitas dan pelayanan
|
Memiliki
hubungan baik dengan pemasok
|
0,15
|
2
|
0,30
|
Menjaga
hubungan baik dengan pemasok bahan baku.
|
Total
|
0,50
|
|
1,25
|
|
ANCAMAN
|
||||
Banyaknya
pesaing dalam industri yang sejenis
|
0,15
|
3
|
0,16
|
Meningkatkan
kulitas produk dan pelayanan
|
Kenaikan
BBM yang cukup tinggi
|
0,08
|
2
|
0,16
|
Menggunakan
kendraan yang irit BBM
|
Kenaikan
tarif dasar listrik
|
0,15
|
2
|
0,30
|
Menggunakan
listrik dan air secara efektif dan efisien
|
Perusahaan
sejenis yang memilki modal besar
|
0,05
|
2
|
0,10
|
Menjaga
hubunganbaik dengan pelanggan
|
Cuaca
yang tidak menentu pada musim hujan
|
0,07
|
2
|
0,14
|
Lebih
mengendalikan alat pengering pakaian
|
Total
|
0,50
|
|
1,15
|
|
Peluang + Ancaman
|
0,05 + 0,05
|
|
1,25 + 1,15
|
|
Total
|
1,00
|
|
2,40
|
|
Keterangan Hasil Analisis Matriks EFE dari
sisi Peluang ada 5 poin:
1.
Semakin meningkatnya jumlah mahasiswa dan masyarakat
sekitar dengan bobot 0,05 (kurang penting) dan rating 1 (respon Moza Laundry
jelek) dengan skor 0,05 ada pada poin 1 tabel Menurut Moza Laundry faktor
semakin meningkatnya jumlah mahasiswa dan masyarakat sekitar memiliki bobot
kurang penting dan respon Moza Laundry jelek. Hal ini menunjukkan Moza Laundry
lebih mementingkan memiliki pelanggan yang loyal, karena kepastian mendapatkan
konsumen dari pada menjemput peluang yang ada. Jadi kesimpulannya, Moza Laundry
belum terlalu merespon peluang eksternal yang ada saat ini. Cara yang tepat
untuk memanfaatkan peluang tersebut yaitu membuka cabang di wilayah yang
potensial.
2.
Perkembangan teknologi adalah peluang
selanjutnya dengan bobot 0,10 (penting), rating 2 (respon perusahaan rata-rata)
dengan skor 0,20, ada pada poin 2 tabel 4.2. Perkembangan teknologi bagi Moza
Laundry penting adanya dan respon Moza Laundry terhadap faktor ini Moza Laundry
merespon dengan rata-rata. Meskipun perkembangan peralatan mencuci yang semakin
maju seperti mesin cuci yang dapat memuat pakaian lebih banyak, mesin pengering
yang lebih cepat, tetapi peralatan tersebut rata-rata bisa terbeli oleh usaha laundry
yang bermodal besar saja. Untuk usaha laundry yang sedang berkembang atau masih
baru memulai usahanya harus membutuhkan waktu untuk dapat membeli peralatan
tersebut.
3.
Perubahan gaya hidup masyarakat adalah
peluang selanjutnya dengan bobot 0,05 (kurang penting) dan rating 2 (respon
perusahaan rata-rata) dengan skor 0,10 ada pada poin 3 Menurut Moza Laundry
perubahan gaya hidup masyarakat memiliki bobot kurang penting dan respon Moza
Laundry rata-rata. Hal ini karena menurut Moza Laundry meskipun masyarakat
mengalami perubahan gaya hidup yang dulunya mencuci sendiri, sekarang beralih
ke jasa laundry hal tersebut belum terlalu berpengaruh tanpa pelayanan yang
baik, harga yang murah, promosi yang gencar, apalagi semakin banyaknya orang
yang membuka usaha laundry di daerah sekitar. Sebaiknya untuk memanfaatkan
peluang ini Moza Laundry memperluas daerah promosi
4.
Peluang dengan skor tertinggi adalah
memiliki pelanggan yang loyal, bobot 0,15 (sangat penting) dan rating 4 (respon
perusahaan superior) dengan skor 0,60, ada pada poin 4 Pelanggan yang loyal
sangat penting dan respon Moza Laundry terhadap faktor tersebut sangat superior
karena Moza laundry lebih mengutamakan pelanggan yang loyal dalam menjalankan usahanya.
Moza Laundry harus menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan meningkatkan
kualitas dan pelayanan.
5.
Peluang selanjutnya adalah memiliki
hubungan yang baik dengan pemasok dengan bobot 0,15 (sangat penting) dan rating
2 (respon perusahaan ratarata) dengan skor 0,30, ada pada poin 5 tabel 4.2.
memiliki hubungan yang baik dengan pemasok sangat penting dan respon Moza
Laundry terhadap faktor tersebut respon perusahaan rata-rata. Meskipun faktor
ini memiliki bobot yang penting, tetapi respon Moza Laundry hanya rata-rata,
hal ini dikarenakan Moza Laundry lebih merespon mengutamakan pelanggan yang
loyal, mengingat pemasok seperti sabun, pelembut atau pewangi sangat banyak tetapi
tanpa menganggap remeh pemasok yang ada sekarang namun tetap menjaga hubungan
baik dengannya.
B. Input Matriks
Internal Factory Evaluation (IFE)
Matriks IFE di gunakan untuk mengidentifikasi
kekuatan dan kelemahan yang di miliki perusahaan yang dapat mempengaruhi
implementasi strategi bersaing perusahaan.
Matriks
Internal Factor evaluation (IFE)
Moza Laundry
Faktor
Kunci Internal
|
Bobot
|
Peringkat
|
Nilai
Tertimbangan
|
Program
Kerja
|
|
KEKUATAN INTERNAL
|
|||||
Pelayanan
jasa laundry yang tepat waktu
|
0,10
|
4
|
0,40
|
Memanfaatkan
waktu secara efektif dan efisien dalam proses operasional
|
|
Lokasi
yang stategis
|
0,06
|
3
|
0,18
|
Mengelola
tempat usaha secara tepat guna dan menarik
|
|
Harga
yang bersaing
|
0,10
|
4
|
0,40
|
Menjaga
harga tetaps tabil yang dapat menjadi keunggulan bersaing
|
|
Adanya
layanan pesan antar
|
0,08
|
4
|
0,32
|
Menambah
pengetahuan tentang letak lokasi daerah sekitar usaha
|
|
Pegawai
yang handal
|
0,10
|
3
|
0,30
|
Melatih
karyawan secara berkelanjutan
|
|
Adanya
diskon
|
0,06
|
3
|
0,18
|
Memberikan
diskon 10% untuk pencucian di atas 10 Kg
|
|
Total
|
0,50
|
|
1,78
|
|
|
KELEMAHAN
INTERNAL
|
|||||
Tidak
dilakukan promosi dan perikalanan secara rutin
|
0,13
|
1
|
0,13
|
Melakukan
promosi dan periklanan walaupun bersekala kecil
|
|
Kurang
lengkapnya peralatan operasional usaha
|
0,12
|
1
|
0,12
|
Pengadaan
peralatan operasional secara bertahap baik secara tunai atau kredit
|
|
Proses
produksi sebagian manual
|
0,08
|
1
|
0,08
|
Menambah
peralatan operasional usaha
|
|
Kurangnya
jumlah pegawai
|
0,09
|
2
|
0,18
|
Merekrut
karyawan secara freelance
|
|
Pengelolaan
keuangan yang masih belum profesional
|
0,08
|
2
|
0,16
|
Melakukan
pempelajaran dan mengelola keuangan usaha dengan memisahakan keuangan pribadi
dan keuangan usaha
|
|
Total
|
0,50
|
|
0,16
|
|
|
Kekuatan + Kelemahan
|
0,50 + 0,50
|
|
1,78 + 0,67
|
|
|
Total
|
1,00
|
|
2,45
|
|
C. Input Matriks
Competitive Profile Matrix (CPM)
Matriks
CPM di gunakan untuk mengevaluasi
posisi bersaing perushaan dengan pesaing utamanya yaitu Simply Fresh dan
Si-Kinclong. Matriks ini di sususn dengan memberikan bobot kekuatan dan
kelemahan pada faktor penentu keberhasilan baik faktor yang muncul dari
lingkungan internal maupun external perusahaan.
Matriks
Profil Kompetitif (CPM)
Moza Laundry
Faktor
penentu Keberhasilan
|
Bobot
|
Moza
Laundry
|
Simple
Fresh
|
Si-Kinclong
|
|||||
Peringkat
|
Nilai
|
Peringkat
|
Nilai
|
Peringkat
|
Nilai
|
||||
Harga
|
0,20
|
4
|
0,80
|
3
|
0,60
|
3
|
0,60
|
||
Teknik
Opersional
|
0,10
|
2
|
0,20
|
2
|
0,20
|
2
|
0,20
|
||
Biaya
Operasional
|
0,15
|
3
|
0,45
|
3
|
0,45
|
4
|
0,60
|
||
Sarana
dan Prasarana
|
0,09
|
2
|
0,18
|
4
|
0,36
|
1
|
0,09
|
||
Promosi
dan periklanan
|
0,12
|
1
|
0,12
|
2
|
0,24
|
2
|
0,24
|
||
Fasilitas
Transportasi
|
0,09
|
3
|
0,27
|
2
|
0,18
|
1
|
0,09
|
||
Kualitas
Pelayanan
|
0,15
|
3
|
0,45
|
3
|
0,45
|
3
|
0,45
|
||
Kelangkapan
peralatan operasional
|
0,10
|
1
|
0,10
|
1
|
0,10
|
1
|
0,10
|
||
Total
|
1,00
|
|
2,57
|
|
2,58
|
|
2,37
|
||
No comments:
Post a Comment